Proses Procurement management dirancang untuk mendapatkan penjual dengan harga paling masuk akal

I choose you! Free Photo
Proses ini melibatkan waktu tunggu bagi penjual untuk melihat kebutuhan proyek dan memberikan tanggapan. Dengan demikian, prosesnya bisa memakan waktu dari satu bulan hingga tiga bulan untuk jenis pengadaan ini. Manajer proyek perlu terlibat dalam seluruh proses Procurement management dan dia juga perlu merencanakan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk pengadaan.

Empat proses Procurement management berurutan adalah:

Rencanakan Pengadaan

Melakukan Pengadaan

Mengelola Pengadaan

Tutup Pengadaan

Masukan Untuk Proses Manajemen Pengadaan

Faktor Lingkungan Perusahaan: Ini melibatkan budaya perusahaan dan sistem yang ada yang dapat digunakan proyek.

Aset Proses Organisasi: Prosedur pengadaan, kontrak standar, pelajaran dari proyek terakhir, dan daftar penjual yang telah memenuhi syarat adalah beberapa aset proses organisasi.

Manajer Pengadaan yang Ditugaskan: Jika jumlah pengadaan tinggi, seorang manajer pengadaan perlu ditugaskan untuk proses tersebut.

Scope Baseline (WBS, kamus WBS, pernyataan ruang lingkup proyek): Ini membantu dalam membuat anggota proyek memahami kebutuhan pengadaan.

Daftar Risiko: Pemahaman tentang risiko yang ditemukan hingga saat ini disebut sebagai daftar risiko.

Setiap pengadaan sudah ada untuk proyek: Manajer proyek harus mengelola antarmuka antara banyak penjual dan beberapa pengadaan pada satu proyek.

Identifikasi sumber daya tidak tersedia dalam organisasi yang melakukan: Salah satu aspek penting adalah untuk menentukan apakah layanan perlu diadakan. Langkah-langkah ini memungkinkan kita untuk memikirkannya.

Jadwal proyek: Jadwal proyek membantu menentukan kapan pengadaan diperlukan.

Perkiraan biaya awal untuk pekerjaan yang akan diadakan d: Perkiraan biaya awal diperlukan untuk setiap pekerjaan yang akan diadakan untuk membandingkan antara harga penjual.

Garis dasar biaya untuk proyek: Mengetahui garis dasar biaya membantu memastikan pengadaan sesuai dengan biaya dasar.

Rencanakan Pengadaan

Pembeli memiliki kebutuhan dan dia memiliki kriteria yang digunakan untuk memilih penjual. Proses pengadaan rencana melibatkan pembuatan dokumen pengadaan yang menjelaskan rincian ini. Selain itu, proses ini juga menjelaskan tentang rencana pengelolaan pengadaan. Proses Pengadaan Rencana meliputi:

Lakukan analisis make-or-buy

Buat proses Procurement management

Buat pernyataan kerja pengadaan untuk setiap pengadaan

Pilih jenis kontrak untuk setiap pengadaan

Buat dokumen pengadaan

Tentukan kriteria pemilihan sumber

Membuat Atau Beli Analisis

Organisasi memiliki beberapa kendala diantaranya satu kendala yaitu biaya. Organisasi perlu memutuskan apakah akan melakukan pekerjaan proyek sendiri atau mendapatkan layanan untuk beberapa atau semua pekerjaan. Salah satu alasan utama untuk membeli adalah untuk mengurangi kendala proyek. Namun, organisasi harus membuat jika:

Organisasi memiliki pabrik atau tenaga kerja yang menganggur

Pekerjaan melibatkan informasi atau prosedur hak milik

Organisasi ingin mempertahankan kendali

Leave a Comment